“Sustainable Development” untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Dunia terus membangun dari hari ke hari, baik pembangunan fisik maupun pembangunan kehidupan sosial. Harapannya, pembangunan akan mampu meningkatkan kualitas hidup manusia. Masalahnya, kerapkali pembangunan dilakukan demi pembangunan itu sendiri dan hanya untuk kepentingan saat ini. Itulah sebabnya berbagai ekses negatif pembangunan lebih mencuat dan justru menjauhkannya dari tujuan semula. Sebut saja, menipisnya sumber-sumber alam yang tak tergantikan, pemborosan energi, sampah, kemiskinan dan masalah-masalah lainnya.

Para pakar dan pemerhati yang peduli terhadap kehidupan menyebut sustainable development sebagai solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Secara sederhana, sustainable development didefinisikan sebagai pembangunan yang berkelanjutan atau berorientasi masa depan. Dalam sustainable development, pengolahan sumber alam yang bisa diperbarui harus memperhatikan ambang batas pembaruan dirinya. Sedangkan sumber alam yang tidak dapat diperbarui harus digunakan secara efisien , disertai usaha daur ulang agar bisa dimanfaatkan secara terus menerus.

Dalam praktek, hal ini tentu memerlukan perubahan dalam cara membangun, dari cara produksi konvensional menjadi cara produksi dengan menggunakan sumber daya alam yang semakin sedikit. Bagaimana caranya agar pembakaran energi semakin rendah, penggunaan ruang lebih kecil, pembuangan limbah dan sampah lebih sedikit dengan hasil produksi yang setelah dikonsumsi masih bisa didaur ulang.

dikutip dari Media Holcim & Anda.

About im
simple mind to get a great things

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: