Jalan Tol Trans Jawa

Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pembangunan jalan tol trans Jawa sepanjang Cikampek hingga Surabaya terealisasi paling lambat 2014. Proyek jalan tol tersebut terbagi dalam sembilan paket proyek dengan panjang jalan mencapai 617,09 Km. Komitmen pemerintah untuk target pembangunan jalan tol Trans Jawa antara Cikampek hingga Surabaya terealisasi paling lambat 2014 mendatang.

Guna mengerjakan proyek tol tersebut, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) diperkenankan menggunakan dana sekitar 70 persen dari bank sedangkan 30 persen dari pemenuhan dana dari investor jalan tol. Karena itu BUJT harus menunjukkan kemampuannya dalam pemenuhan modal. Karenanya investor harus menyetor modal agar terpenuhi equitasnya. Apabila tidak sanggup dapat dialihkan dan dituangkan dalam revisi perjanjian.

Sejumlah persoalan yang dianggap sebagai kendala adalah karena berlarut-larutnya penyediaan lahan. Anggap saja persoalan komponen konstruksi meningkat. Sejak penandatanganan PPJT tahun 2007 sampai 2011 terjadi inflasi sehingga harus disesuaikan dala rencana bisnis. Pemerintah dapat menyesuaikan dengan besaran tarif dan menambahpanjang konsesi. Selain itu, memang proyek tol tersebut perlu dukungan pemerintah. Proyek-proyek tol Trans Jawa yang terkendala pembebasan lahan antara lain:

Pembangunan jalan tol di Mojokerto, Jawa timur

  • Cikopo – Palimanan, konstruksi belum dimulai, pembebasan lahan baru 45%.
  • Kanci – Pejagan, konstruksi 96%, pembebasan lahan 100%.
  • Pejagan – Pemalang, konstruksi belum dimulai, pembebasan lahan 16,5%.
  • Pemalang – Batang, konstruksi belum mulai, pembebasan lahan baru 2%.
  • Batang – Semarang, konstruksi belum mulai, pembebasan lahan 4,5%.
  • Semarang – Solo, konstruksi 40%, pembebasan lahan hampir selesai.
  • Ungaran – Bawen, pembebasan tanah baru dimulai, konstruksi belum dimulai.
  • Solo – Mantingan – Kertosono, pembebasan tanah 24%, konstruksi baru dimulai.
  • Ngawi – Kertosono, pembebasan tanah 20%.
  • Kertosono – Mojokerto, pembebasan tanah 76%, konstruksi sudah dimulai.
  • Surabaya – Mojokerto, pembebasan tanah 19%.

Proyek tol Trans Jawa merupakan mega proyek yang dicanangkan oleh pemerintah dan sekarang telah berjalan yang menghubungkan Jawa bagian barat hingga bagian timur. Pengerjaan proyek ini adalah proyek utama dari pemerintahan Presiden SBY baik periode pertama maupun periode kedua. Proyek tol Trans Jawa membentang sepanjang lebih kurang 650Km dengan menelan investasi dalam pembebasan tanah sebesar Rp. 5 triliun. Jika dihitung secara kasar biaya perkilometernya akan menelan biaya pembebasan tanah Rp. 8 milyar perkilometer.

Salah satu kondisi jalan tol di China

Proyek tol Trans Jawa tersebut merupakan salah satu percepatan infrastruktur jalan yang mutlak wajib dilaksanakan pemerintah dalam memikat investasi ke Indonesia. Seperti diketahui bersama beberapa indeks tujuan investasi dunia menempatkan infrastruktur Indonesia diposisi yang memprihatinkan dan bisa dibilang buruk. Oleh sebab itu pemerintah melakukan terobosan dengan proyek tol Trans Jawa ini.

sumber: Badan Pengelola Jalan Tol

About im
simple mind to get a great things

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: