Sekilas Industri Semen Indonesia 2011

Berdasarkan perhitungan dan pengamatan pada trend yang berkembang hingga saat ini, banyak para praktisi di kalangan industri semen berpendapat bahwa pasokan semen nasional di tahun 2011 ini diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan mengingat beberapa proyek swasta seperti property dan perumahan berkembang sangat tinggi dan juga beberapa proyek pembangunan infrastruktur oleh pemerintah sudah mulai menggeliat.

Dari pengamatan beberapa bulan terakhir ini, dimana permintaan semen terasa cukup tinggi, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami defisit semen jika pertumbuhan yang pesat ini tidak diikuti dengan penambahan kapasitas pada pabrik lama yang ada maupun dari pemain baru.

Sejak beberapa tahun terakhir ini, pasar semen di Indonesia terus mengalami peningkatan permintaan semen rata-rata mencapai 5%-6%, tahun ini diperkirakan akan mencapai lebih dari 7% dengan volume sekitar 43 jt ton.

Seiring dengan tingginya permintaan semen tersebut, masih juga terdapat beberapa kendala yang sering menhambat kelancaran pasokan antara lain, dari sisi produksi beberapa pabrikan lama kapasitas penggilingan klinkernya telah maksimal dan perlu dilakukan penambahan kiln baru untuk menambah kemampuan produksi klinkernya.

Selain itu dari sisi distribusi kendalanya adalah buruknya fasilitas pelabuhan, karena sebagian besar pabrikan masih menggunakan pelabuhan umum yang terkadang harus mengalami antrian dengan komoditi lain saat bongkar muat di pelabuhan.

Pada tahun ini beberapa pemain lama seperti SGG dan Holcim sedang melakukan pembangunan beberapa pabrik baru untuk menambah serta meningkatkan kemampuan produksi semennya, yang diperkirakan pabrik baru tersebut akan rampung pembangunannya pada tahun 2013, dimana pada tahun tersebut diharapkan seluruh pabrikan semen yang ada di Indonesia mampu memberikan pasokan di dalam negeri yang sedang tinggi. Sementara Indocement yang juga merupakan pabrik terbesar di negeri ini, masih memiliki kapasitas idle yang cukup tinggi dan diperkirakan mampu memberikan kontribusi pasokan semen di dalam negeri hingga tahun 2015 nanti.

Selain pemain lama yang ada didalam negeri, beberapa nama dari luar yang berasal dari China dan India juga sedang menjajaki kemugkinan untuk berinvestasi pada industri semen di Indonesia, mengingat potensi pasar semen Indonesia yang masih cukup besar untuk dikembangkan sampai dengan beberapa tahun ke depan.

About im
simple mind to get a great things

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: